April 21, 2020

Review Pen Tablet Paling Murah dari Wacom, Wacom CTL-472

loading...
Review Pen Tablet Paling Murah dari Wacom, Wacom CTL-472 - Kamu seorang desainer grafis atau illustrator yang lagi nyari pen tablet dengan harga yang bersahabat? Mungkin pen tablet yang satu ini wajib kamu lirik.


Ya inilah di One By Wacom CTL-472, sebelum saya memberikan ulasan saya tentang pen tablet ini. Ada baiknya kita melihat dulu spesifikasinya di bawah ini yang saya kutip dari website resmi Wacom.

Ukurannya : 210 x 146 x 8.7 mm / 8.3 x 5.7 x 0.3 in
Active Area Small: 152.0 x 95.0 mm (6.0 x 3.7 in)
Expresskeys : No
Pen Pressure Levels : 2048
Multi-touch : No
Wireless Support : No
Weight Small Tablet : 251g
Pen : 9g
Resolution : 2540 lpi

Ok, pertama saya akan membahas ukurannya dulu. Menurut saya ini ukurannya gak besar dan gak terlalu kecil. Yah pokoknya pas lah untuk ukuran meja saya. Tapi kalau kalian biasa pakai pen tablet yang besar dan baru nyoba yang kecil seperti Wacom CTL 472 ini, mungkin kalian akan beradaptasi beberapa hari baru bisa nyaman menggunakannya.

Nah, ketika kita beli Wacom CTL 472 maka inilah isi yang akan kamu dapatkan


Sesuai foto diatas, kamu akan mendapatkan
1 buah Pen Tablet
buku panduan
Kitab Kitab
dan kartu garansi

Selain itu kamu juga dapat ini, namanya apaan yak? Pokoknya ujung pennya itu. Tinta atau apalah. Gatau saya. Yang tau komentar dibawah ya.


Sebelum kamu gunain pen tabletnya, kamu wajib Install dulu drivernya. Kamu bisa download di website wacom, atau bisa baca kertas warna hitam seperti yang ada di foto atas.

ALASAN BELI?
Jujur saya beli pen tablet ini karena tuntutan tugas kuliah, yaitu mata kuliah Ilustrasi. Yang dimana saya harus membuat ilustrasi secara digital. Namun bukan karena itu aja sih, semester berikutnya mungkin akan ada banyak tugas kuliah yang mewajibkan saya menggunakan pen tablet.

ALASAN MEMILIH WACOM CTL 472?
Ya karena murah, no debat lah pokoknya. Memang ada sih yang lebih murah, seperti pen tablet dari Huion, XP Pen. Cuma karena saya rasa Wacom yang sudah teruji kualitasnya, dan di kampus saya juga menggunakan Wacom, makanya saya pilih Wacom. Tapi bukan berarti Huion dan XP Pen gak bagus ya, hehe.

Disamping harganya yang murah, karena ukurannya yang compact jadi gak susah kalau mau dibawa bawa pakai tas. Dan gak makan ruang di meja.


APAKAH NYAMAN MENGGUNAKANNYA? 
Ya nyaman nyaman aja, karena pada dasarnya saya gak terlalu suka gambar dan gak bisa gambar juga. Pokoknya saya bisa gambar kalau ada contohnya, dan kalau disuruh gambar dari 0 tanpa gambar contoh, jujur saya gak akan bisa. Tapi semoga dengan adanya pen tablet ini membuat skill menggambar saya meningkat. AMINN.

Tapi seperti yang sudah saya bahas di awal, kalau kamu sebelumnya biasa pakai ukuran yang besar. Mungkin kamu akan terasa sulit diawal, tapi kalau udah dipakai berhari hari ya pasti bisa dan nyaman.

Dan berikut adalah beberapa sampel foto yang saya gambar menggunakan Wacom CTL 472


kaligrafi ini saya jiplak dari orang lain ya, bukan sketch sendiri, hehe. Tapi untuk coloring, saya sendiri yang mewarnainya.


Nah kalau gambar yang ini, teman saya yang bikin sketsanya. Ini adalah tugas kelompok mata kuliah Ilustrasi 2. Dan gambar ini mengilustrasikan seseorang yang terbully. Karena ini tugas kelompok, maka kami bagi bagi tugas. Temen saya yang bikin sketsa di kertas, nah saya yang mendigitalkannya. Kenapa bukan saya yang gambar? karena saya gak bisa gambar.

KESIMPULAN
Menurut saya, Wacom CTL 472 ini sangat recommended lah untuk pemula yang baru belajar menggambar seperti saya ini atau yang udah jago gambar mungkin. Tapi kekurangannya, dia ukurannya kecil, tidak ada tombol di tablet. Dah itu aja sih. Tapi kalau kita mengingat harganya yang murah dan merek Wacom pula, saya rasa sih fine fine aja.

HARGA
Pen tablet ini saya beli JBC Shop di Shopee seharga Rp609.000. Ini harga yang termurah yang saya temukan saat itu. Tapi ketika saya cek lagi, ternyata harganya sudah naik. Nah, buat kamu yang pengen beli Wacom CTL 472 ini saya kasih link pembeliannya. Saya sarankan beli disini aja, karena produk yang terjual sudah 2,5 ribu dan ulasannya juga bagus bagus.


Ok, mungkin segitu aja review saya tentang pen tablet paling murah dari Wacom ini, yaitu Wacom CTL 472. Kalau ada yang ingin ditanyakan, silahkan komentar dibawah ya. Dan sampai jumpa di post berikutnya.



loading...

2 comments

  1. Excellent post. Thanks for sharing……….
    I use a XP-Pen Deco 03 : https://www.xp-pen.com/product/89.html wireless drawing tablet . I'm quite happy with it.
    It works well with my desktop and laptop, with and without a wire. Admittedly it took a while to get used to having a disconnect between where I was drawing and where the drawing was coming out.

    ReplyDelete
  2. Mau nanya, pernah ngebandingin sama huion hs64 special edition gaa. Soalnya aku bingung mau pake yang mana.

    ReplyDelete


EmoticonEmoticon